Berita Sekolah SMA Negeri 4 Tanjungpinang

SMA Negeri 4 Tanjungpinang

Home | Semua Berita | Detail Berita

20 Feb

© Gelar Karya Helat Cendekia: Kewirausahaan
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): \\
Di Posting Oleh : Wijayanto  •  Tanggal : 20 Feb 2024  •  Dilihat : 246 x

SMAN 4 Tanjungpinang mengadakan Gelar Karya Helat Para Cendekia pada Selasa-Rabu, 20-21 Februari 2024. Gelar Karya ini merupakan aksi nyata dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang pada kali ini mengusung 3 tema besar yaitu Kearifan Lokal, Gaya Hidup Berkelanjutan, dan Kewirausahaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Bapak Dr. Darson, S.Pd., M.Si., Pengawas SMA Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Sekolah untuk masing-masing SMA di Tanjungpinang dan orang tua siswa kelas X.

Pada tema Kearifan Lokal, gelar karya menampilkan tradisi malam berinai yang merupakan adat istiadat melayu yang masih ada sampai saat ini. Kemudian untuk Gaya Hidup Berkelanjutan, SMAN 4 Tanjungpinang menyajikan berupa produk kompos padat dan cair, hasil ecoenzym, dan pemutaran film dengan tema lingkungan sebagai wujud kampanye dari "Zero Waste". Sedangkan untuk kewirausahaan, anak-anak kelas X mengolah makanan dengan bahan utama yaitu Gong-gong, sebagaimana kita tahu bahwa Gong-gong merupakan hasil Sumber Daya Alam yang hanya ada di Kepulauan Riau. Gong-gong tersebut diolah menjadi berbagai macam makanan, yaitu Gong-gong geprek, Dimsum Gong-gong, Nugget Gong-gong, Bakso Gong-gong, Risol Gon-gong, dan sate Gong-gong.

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar dan penuh semangat. Semoga melalui Gelar Karya ini dapat menumbuhkan semangat siswa untuk terus belajar dan berkarya serta menerapkan nilai-nilai Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

______________________________________

#sman4tanjungpinang

#majubersamahebatsemua

#ProjekPenguatanProfilPelajarPancasila

#KurikulumMerdeka

""Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya" -Ki Hajar Dewantara"

- Pesan Kepala Sekolah -